Kesenian tradisional Jawa Barat : CekResi

Temui lagu-lagu regional Western Week, alat musik, dan seni mereka

 

Kesenian daerah merupakan budaya negara, sehingga harus dilestarikan, termasuk lagu-lagu daerah Jawa Barat dan beberapa kesenian lainnya.  Setiap daerah memiliki lagu, musik, dan seni khususnya sendiri. Karakteristik lagu dan musik terkadang memiliki kesamaan, tetapi mereka bervariasi satu sama lain.

Biasanya, lagu dan musik khas suatu daerah merupakan deskripsi sejarah, lanskap, budaya, makanan, dan adat istiadat daerah tersebut. Selalu ada makna untuk setiap lagu, musik, dan seni suatu daerah di negara ini yang menawarkan pendidikan kepada generasi muda.

Di kepulauan itu sangat mudah untuk menemukan lagu-lagu daerah, karena setiap daerah memilikinya. Tidak hanya lagu, tetapi juga tarian daerah, alat musik dan pertunjukan artistik yang menyatukan lagu, permainan musik dan tarian. Sayangnya, keberadaannya kini telah terkikis oleh modernisasi.

Ada banyak lagu rakyat yang terlupakan, lebih baik daripada seni modern. Lagu-lagu asal Jawa Barat semakin  terpinggirkan untuk digantikan oleh musik kekinian.  Memang, musik dan seni lokal dianggap kuno dan tidak menyenangkan oleh generasi saat ini. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kesadaran anak muda untuk mencintai kesenian daerah itu sendiri.

Kali ini kami memiliki informasi tentang alat musik, lagu, dan seni daerah sehingga Anda dapat sedikit berkenalan dengan kekayaan seni tanah air kami. Mengetahui seni suatu daerah  , Anda mungkin dapat menumbuhkan kecintaan pada produk musik dari negara Anda.

Volksliedjies nga Wes-Jawa

Sebagai orang sederhana yang mencintai masa depan negara, Anda tidak perlu hanya belajar sains dan teknologi. Keduanya sangat penting untuk membangun masa depan bangsa dan kesejahteraan rakyat. Namun, tidak penting untuk menilai dan melestarikan budaya bangsa.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan budaya bangsa. Meskipun Anda tidak secara langsung memiliki berbagai seni dan terlibat dalam bidang ini, Anda masih dapat melestarikan seni lokal dengan mengenali dan mengenalinya. Beberapa lagu yang berasal dari Jawa Barat adalah:

  1. Manuk Dadali

Lagu ini adalah salah satu lagu yang masih sangat terkenal. Teks tersebut menggambarkan sosok burung garuda (Manuk Dadali) yang saat ini menjadi lambang negara sebagai burung dengan karisma yang sangat besar dan mampu terbang tinggi di langit yang luas. Ini menggambarkan kejayaan Indonesia.

 

  1. Lilin es

Lilin es merupakan makanan khas Bandung. Namun, teks lagu ini menggambarkan hati seorang gadis di mana seorang pria harus selalu berhati-hati, terutama ketika memilih pasangan hidup.

 

  1. Tempat Bubuy

Teks lagu ini juga menggambarkan hati seorang gadis, tetapi dalam keadaan sedih karena dia ditinggalkan oleh kekasihnya dan suatu hari menemukan seseorang dengan tatapan matanya yang mirip dengan kekasihnya.

 

  1. Cing Cang Rivet

Dalam teks lagu ini, Anda akan menemukan deskripsi hati manusia yang mudah terguncang dan berubah seperti ombak di laut.

 

  1. Tokecang

Setiap lagu daerah selalu memiliki makna, salah satunya Tokecang menggambarkan orang-orang dengan sifat serakah, serakah, serakah dan rela berbagi kepada orang lain.

Alat musik tradisional Jawa Barat

Beberapa alat musik dari provinsi Bandung juga patut mendapat perhatian untuk dirawat dan dilestarikan. Beberapa alat musik mungkin memiliki kemiripan dengan daerah lain, ini wajar, karena wilayah melekat dan budaya serupa.  Berikut adalah contoh musik tradisional Jawa Barat:

  1. Ka karinding

Ada 2 jenis perawatan, yaitu untuk pria dan wanita. Untuk pria, bambu akan digunakan sebagai bahan dasar, daun palem digunakan untuk merawat wanita. Pemain harus memukul salah satu sisinya untuk mengeluarkan suara dan meniupnya pada saat yang bersamaan.

 

  1. Calung

Calung mampu membuat suara merdu dan sering dimainkan dalam pertunjukan seni. Cara memainkannya dengan tembakan. Alat musik ini terbuat dari bambu, baik untuk tubuh maupun pemukul.

 

  1. Memalukan

Seruling khas Sudan ini biasanya mengiringi lagu-lagu Jawa Barat. Ada empat hingga enam lubang sebagai pengatur melodi dan menghasilkan suara yang khas, karena terbuat dari bambu.

 

  1. Harpë

Ada dua jenis kecapi, yaitu Indung dan Rincik. Kecapi Indung (tua) memiliki 18-20 kabel dan ukuran besar. Alat musik ini menjadi pemimpin Detailk Doa (anak) yang dimainkan sebagai pengisi istirahat di antara nada-nada indung kecapi.

 

  1. Celempung

Alat musik ini mengandalkan suara yang berasal dari dalam batang bambu untuk menghasilkan suara yang menggetarkan telinga. Di daerah Celempung, malam dimainkan selama pertunjukan budaya.

Kesenian tradisional Jawa Barat

Selain lagu-lagu yang berasal dari Jawa  Barat, ada beberapa kesenian lain seperti tari dan pertunjukan seni. Salah satunya adalah tarian topeng yang diangkat dari kisah populer tentang Sunan Gunung Jati, penguasa Cirebon, ketika menghadapi serangan Pangeran Welang.

Ada juga tarian penis Pasundan, yang, seperti namanya, terinspirasi oleh penis. Tarian ini akan diiringi gamelan dan menampilkan beberapa penari dengan gerakan anggun dan ceria. Penari poppy selalu menggunakan mahkotaketikamereka memakai tubuh mereka, yang berarti simbol poppy.

Pernahkah Anda mendengar tentang seni Rengkong? Kesenia lokal ini adalah  karya yang terinspirasi oleh prosedur masyarakat Sudan untuk menanam padi untuk dipanen. Ia pertama kali muncul di Kabupaten Cianjur pada tahun 1964. Hingga saat ini, masih rutin dimainkan di taman budaya dan tempat pertunjukan seni lainnya.

Ada juga seni kecanggungan kuda yang sering diadakan di daerah Jawa dan daerah lain di Indonesia. Tampilan tombol sebagian besar dimainkan dan ramai. Kesenian ini memiliki cita rasa mistis, karena penarinya adalah orang kesurupan yang mengendarai kuda kayu lalu menari diiringi drumshot.

– Tempat pertunjukan budaya di Jawa Barat

Jika Anda ingin mendengar nyanyian lagu-lagu yang berbeda dari Jawa Barat , Anda dapat mengunjungi tempat-tempat di manapertunjukan budaya diadakan. Ada beberapa tempat yang sering dijadikan tempat membawakan lagu-lagu daerah dan berbagai kesenian lainnya. Tempat-tempat tersebut telah dijadikan tempat bagi masyarakat Jawa Barat untuk mengekspresikan kemampuan seni dengan tetap menjaga kelestarian artistik.

Salah satu tempat yang bisa anda kunjungi adalah Taman Budaya yang terletak di Bukit Dougi Selatan. Masyarakat lokal dan wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan seni wilayah Jawab, mulai dari menyanyikan lagu-lagu lokal, memainkan alat musik hingga pertunjukan seni.

Setiap minggunya selalu ada agenda khusus pertunjukan seni yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, bahkan wisatawan mancanegara melihat langsung betapa indahnya budaya tanah air. Selain budaya lokal Jawa Barat, beberapa kesenian daerah Indonesia lainnya juga bermunculan.

Anda juga bisa mengunjungi konteks kesenian Daya Sunda di Kebun Binatang Taman Sari Bandung. Tempat ini biasanya berisi berbagai tarian daerah, pertunjukan pencak silat, gamelan, dan pertunjukan lainnya. Setidaknya ada 20 artis yang tampil setiap minggunya.

 

Sebagai anak negara yang akan menentukan masa depan Indonesia, cintailah budaya nasional, baik dari daerahmu maupun daerah lainnya. Dengan  mengenali berbagai kesenian daerah, alat musik dan lagu-lagu Jawa Barat,  Anda dapat menumbuhkan kecintaan terhadap seni dan budaya tanah air.

Sumber :